Tips Menulis Puisi Gombal Nan Romantis

Gombal adalah bentuk verbal dari ekspresi cinta seseorang. Jadi menggombal hanya bisa dilakukan dengan kata-kata. Karena itu puisi adalah bentuk gombal yang paling indah. Karena bukan saja itu membuktikan Anda adalah seorang seniman romantis, tapi juga seorang yang intelek. Dengan menggunakan puisi akan menunjukkan bahwa Anda bukan penggombal sembarangan.

Untuk menjadi seorang penulis puisi gombal sejati, Anda harus memiliki perbendaharaan kosa kata yang luas, terutama yang tidak lazim diucapkan orang dalam percakapan sehari-hari, seperti: aulia, rahayu, amar, risalah, palung, dsb. Jadi modal pertama Anda adalah: Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Ingat, semakin kata itu terdengar asing maka akan semakin romantis kedengarannya.

Jangan lupa juga menggunakan kata-kata yang sering Anda dengar pada lirik lagu, misalnya: untuk kata ‘tidak ada’ lebih baik gunakan ‘tiada’. Untuk kata ‘aku’ dan ‘kamu’ akan jauh lebih romantis bila diganti dengan kata ‘diriku’ dan ‘dirimu’. Hindari kata ‘yang’, jadi daripada memakai ‘dirimu yang cantik’ lebih baik ‘dirimu cantik’ saja. Dan gunakan juga kata yang erat hubungannya sebagai penganti kata yang ingin Anda pakai, contohnya begini: ‘sinar matamu’. Daripada menggunakan kata ‘sinar, lebih baik menggunakan kata ‘gemerlap’. ‘Gemerlap’ tidak sama dengan ‘sinar’ tapi menggambarkan sesuatu yang bersinar.

Simple, kan? Mari kita coba! Pertama tulis kalimat-kalimat sederhana yang menggambarkan isi hati Anda.

Sinar suci di matamu
Membuat jantungku berdetak cepat
Di dekatmu aku seperti terbang
Karena kau yang paling cantik

Kita rubah kalimat-kalimat tersebut dengan seperti cara-cara di atas.

Gemerlap aulia matamu
Meramu jantung berdegup panik
Di sisimu diriku terbang melayang
Jelitamu tiada berbanding

Mantap bukan?

Tentu saja, sebelum Anda bergombal ria hal yang pertama kali harus Anda lakukan adalah memastikan dia memang sudah tertarik pada Anda. Jangan sampai terbalik urutannya karena bisa FATAL akibatnya! Romantisme bukanlah cara untuk membuatnya suka pada Anda, tapi sebagai tanda bahwa Anda dan dia saling menyukai satu sama lain. Silakan baca artikel Benarkah Wanita Menyukai Pria Romantis dan Pria & Romantisme.

Selamat berpuisi gombal!

Bukan sembarang gombal,
Kei Savourie

23 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s